Webinar dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Tingkatkan Kemampuan Guru Menulis Jurnal, MGMP SKI MA DIY Selenggarakan Webinar dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

 

Yogyakarta (MGMP SKI MA DIY) – Membuat karya tulis ilmiah sering menjadi momok bagi pendidik. Padahal, sebenarnya, para pendidik secara tidak langsung sudah melakukan kegiatan ilmiah dalam keseharian; hanya mungkin, sedikit mengalami kesulitan untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan dengan bahasa ilmiah dan menerbitkannya ke dalam jurnal.

Untuk menjembatani hal tersebut, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Daerah Istimewa Yogyakarta (MGMP SKI MA DIY) bekerja sama dengan Akademia dan Simposium menyelenggarakan “Webinar dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah”.

Menghadirkan 2 narasumber, webinar dilaksanakan Sabtu, 3 April 2021 melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube MGMP SKI MA DIY, pukul 09:00-11:00 WIB.

Barizah Fajriyah Arief, M.Pd.I, narasumber pertama, menyampaikan mengenai pentingnya menulis, terutama bagi pendidik, untuk meningkatkan profesionalisme. “Bagi pendidik, menulis itu penting, mudah, dan harus disempatkan,” pesan guru MTs N 2 Pacitan yang sejak tahun 2018 sudah menjadi instruktur nasional Kemenag RI tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, narasumber kedua, Ahmad Syafii, M. Pd., memberikan tips, trik, dan strategi agar tulisan kita bisa dimuat di jurnal ilmiah terpublikasi. Editor Jurnal Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia tersebut menegaskan bahwa menerbitkan tulisan di jurnal ilmiah terpublikasi tidak sulit, hanya perlu mengetahui caranya. Dalam paparannya, ia menyampaikan bagaimana menulis artikel jurnal, mulai dari pemilihan jurnal, cara submit, termasuk bagaimana menyusun tulisan mulai judul hingga isi naskah.

Webinar tersebut merupakan bagian sekaligus pembuka dari rangkaian pelatihan menulis karya tulis ilmiah yang diselenggarakan MGMP SKI MA DIY bekerja sama dengan Akademia dan Simposium yang akan dilaksanakan selama 3 hari. “Dalam pelatihan ini, targetnya, karya para peserta akan didampingi sampai diterbitkan di jurnal ilmiah terpublikasi”, tegas Wakhid Hasyim, S.Pd.I, ketua MGMP SKI MA DIY yang saat ini menjadi pendidik di MAN 1 Yogyakarta. (whd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *